Follow us on FaceBook

Minggu, 15 Desember 2013

Tahun Baru 2014








Tahu dong Tahun Baru? Itu loh, perayaan momen pergantian tahun yang menandakan berakhirnya hari terakhir pada tahun yang tengah dijalani dan dimulainya hari pertama pada tahun berikutnya. Banyak orang menganggap Tahun Baru sebagai momen yang tepat untuk berdoa atau mengutarakan keinginan. Banyak pula yang menjadikan tahun baru sebagai awal perjuangan dan perubahan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Apapun maknanya, Tahun Baru selalu dirayakan dengan meriah dan penuh keceriaan. Yuk, simak tradisi perayaan Tahun Baru di berbagai negara berikut ini. 

Tahun Baru 2014

Tahun Baru merupakan sebutan bagi perayaan yang berlangsung pada hari pertama bulan pertama pada sistem penanggalan tertentu. Perayaan Tahun Baru tak hanya berlaku untuk sistem penanggalan Masehi tetapi juga untuk berbagai sistem penanggalan di dunia seperti Kalender Cina, Hijriah, Saka, Advent, Koptik, dan lain sebagainya. Pada sistem penanggalan Masehi, perayaan Tahun Baru jatuh pada tanggal 1 Januari setiap tahunnya.
Kapan Tahun Baru 2014?
Tahun Baru (Masehi) 2014 jatuh pada hari Rabu, 1 Januari 2014. Perayaan Tahun Baru umumnya berlangsung sejak sore hari tanggal 31 Desember dengan puncak perayaan terjadi pada detik-detik menjelang pukul 00.00 yang menandakan dimulainya tanggal 1 Januari.


Tahun Baru

Tahun Baru di Berbagai Negara

Perayaan Tahun Baru dirayakan secara meriah di hampir seluruh negara di dunia. Berikut adalah tradisi perayaan Tahun Baru di berbagai belahan dunia.
Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Perayaan Tahun Baru bisa dibilang sebagai salah satu jenis perayaan tahunan terbesar di Indonesia. Sebagian warga merayakannya dengan berkeliling kota menggunakan motor, mobil, metromini, ataupun kendaraan bak terbuka sambil meniup terompet yang dihias dengan kertas mengkilap warna-warni.
Penjual terompet biasanya mulai menjajakan dagangannya sejak seminggu sebelum perayaan Tahun Baru berlangsung. Terompet yang dijual dibentuk sedemikian rupa menyerupai saxophone, gitar, bahkan naga. Namun, ada pula terompet berbentuk biasa yang umumnya dijual dengan harga lebih murah.
Warga mulai berkeliling pada sore hari tanggal 31 Desember 2013. Tempat-tempat yang dituju adalah pusat keramaian seperti alun-alun kota, tempat wisata, atau pusat perbelanjaan. Di Jakarta, perayaan Tahun Baru berpusat di Bundaran HI,  Monas, Ancol, dan Taman Mini Indonesia Indah. Konser yang menampilkan artis-artis ibukota kerap berlangsung di tempat-tempat tersebut.

Bundaran HI, Salah Satu Pusat Perayaan Tahun Baru di Jakarta
Pada perayaan Tahun Baru 2013, Gubernur Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) menyelenggarakan Car Free Night di sepanjang Jl. Thamrin mulai dari Bundaran Hotel Indonesia. Warga Jakarta ramai-ramai berkumpul di kawasan tersebut untuk merayakan Tahun Baru dan menyaksikan pesta kembang api tanpa terganggu oleh kendaraan yang lewat.
Bagi mereka yang malas keluar rumah, berbagai stasiun TV baik lokal maupun nasional menyiarkan berbagai acara Tahun Baru yang menarik. Acara Tahun Baru biasanya mulai ditayangkan pada pukul 20.00 hingga lewat tengah malam. Konser, nyanyian, tarian, lawakan, dan pertunjukan sulap merupakan acara-acara yang biasa ditayangkan pada momen Tahun Baru.
Serunya perayaan Tahun Baru di Jakarta bisa kamu rasakan dengan menginap di hotel-hotel berikut.
Perayaan Tahun Baru di Amerika Serikat
Salah satu tradisi perayaan Tahun Baru yang paling populer di Amerika Serikat adalah “Ball Drop” yang berlangsung di Times Square, New York City, New York. Pada tradisi ini, sebuah bola besar yang menyala warna-warni meluncur perlahan dari atas sebuah tiang pada pukul 23:59:59. Lama waktu yang dibutuhkan bola tersebut untuk meluncur sampai ke bawah adalah 1 menit pas sehingga bola menyentuh bagian bawah tiang tepat pada pukul 00:00:00 tanggal 1 Januari.

Acara Ball Drop di Times Square amat populer hingga mampu menyedot 1 juta penonton setiap tahunnya. Stasiun TV lokal New York dan TV nasional AS umumnya menyiarkan detik-detik turunnya bola raksasa di Times Square. Kepopuleran Ball Drop di Times Square memunculkan tradisi serupa yaitu Peach Drop di Atlanta, negara bagian Georgia.
Terlepas dari tradisi Ball Drop, Tahun Baru merupakan momen yang penting bagi pasangan di AS. Biasanya, para pasangan merayakan Tahun Baru bersama entah dengan berkumpul di Times Square bersama penduduk AS lainnya atau melewatkan masa-masa romantis di rumah.
Perayaan Tahun Baru di Kanada

Sebagai salah satu negara terbesar di dunia, Kanada memiliki bermacam tradisi Tahun Baru di berbagai wilayahnya. Namun, perayaan Tahun Baru di Kanada biasanya terpusat di kawasan Toronto dan Niagara Falls di negara bagian Ontario. Konser, pesta kembang api, dan acara olahraga yang meriah kerap diselenggarakan di wilayah tersebut.
Ada satu tradisi unik yang dilakukan di pedalaman Quebec yang tengah mengalami musim dingin saat perayaan Tahun Baru berlangsung. Biasanya, penduduk kawasan tersebut merayakan Tahun Baru dengan memancing di es sambil minum-minuman beralkohol bersama teman-teman dan kerabat.

Polar Bear Plunge
Tradisi Tahun Baru yang unik lainnya di Kanada dikenal dengan nama “Polar Bear Plunge”, “Polar Bear Swims” atau “Polar Bear Dips”. Dalam tradisi tersebut, warga Kanada berkumpul di dekat pantai dan menceburkan diri ke air untuk merayakan Tahun Baru. Lebih dari 2.000 warga Kanada mengikuti tradisi tersebut setiap tahunnya tanpa mempedulikan suhu air dan udara yang amat dingin. Tradisi “Polar Bear Plunge” yang paling populer berlangsung di kawasan Vancouver.
Ingin menyaksikan tradisi Polar Bear Plunge yang unik? Atau malah tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut? Buruan pesan hotel terdekat di VoucherHotel.com.
Perayaan Tahun Baru di Inggris
Di Inggris, perayaan Tahun Baru berpusat di tepi Sungai Thames. Warga Inggris berkumpul di tempat tersebut pada malam tanggal 31 Desember untuk menyaksikan pesta kembang api. Detik-detik pergantian tahun ditandai dengan dentingan Big Ben sebanyak 12 kali. Bersamaan dengan momen tersebut, warna-warni kembang api menyala cantik di sekeliling London Eye, kincir raksasa yang menjadi simbol kota London.
Perayaan Tahun Baru di Spanyol

Spanyol punya tradisi unik untuk merayakan Tahun Baru. Menjelang detik-detik pergantian tahun, warga Spanyol umumnya memegang 12 butir anggur. Setiap anggur harus dimakan bersamaan dengan denting jam sebanyak 12 kali yang menunjukkan pukul 00.00 tanggal 1 Januari. Warga Spanyol percaya bahwa mereka akan mendapatkan keberuntungan selama setahun ke depan jika mampu menghabiskan anggur bersamaan dengan bunyi dentingan jam.



Perayaan Tahun Baru di Filipina
Warga Filipina menganggap Tahun Baru sebagai bagian dari perayaan Natal. Mayoritas penduduk Filipina memang menganut agama Kristen sehingga Natal dirayakan secara besar-besaran di negeri tersebut. Ada satu mitos unik tentang Tahun Baru yang dipercaya oleh warga Filipina. Pada malam pergantian tahun, mereka menyiapkan 12 jenis buah-buahan yang diletakkan di atas meja makan. Ke-12 buah yang ada melambangkan kesejahteraan selama 12 bulan ke depan.
Sama seperti di Indonesia, warga Filipina juga menyalakan petasan dan kembang api serta membunyikan terompet. Mereka percaya bahwa tradisi tersebut bisa menghilangkan roh jahat serta menjauhkan mereka dari kesialan pada tahun berikutnya.
Perayaan Tahun Baru di Singapura
Tahun Baru dirayakan dengan amat meriah di Singapura. Hotel dan tempat-tempat wisata di Singapura turut merayakan Tahun Baru dengan menyelenggarakan pesta kembang api, pelepasan lentera, konser, dan berbagai macam hiburan lainnya. Kawasan Marina Bay, Siloso Beach, Clarke Quay, Labrador Park, serta Singapore Flyer adalah beberapa lokasi perayaan Tahun Baru Paling meriah di Singapura.

Menjelang tengah malam, sebagian warga Singapura berkumpul di tempat-tempat tersebut untuk menghitung mundur detik-detik pergantian tahun. Kegiatan tersebut diwarnai dengan letusan kembang api dan tiupan terompet yang tak putus-putus. Kumpulan warga yang ingin merayakan Tahun Baru sudah mulai terlihat sejak sore hari dengan densitas tertinggi antara pukul 22.00 hingga lewat tengah malam.

1 komentar: